Indonesia Tuan Rumah FIBA Asia Cup 2021, Langsung Bisa lolos 16 Besar

Posted on

 

FIBA Regional Office Asia menunjuk Indonesia selaku tuan-rumah babak khusus FIBA Asia Cup 2021. Acara itu akan berjalan pada 16-28 Agustus 2021, yang akan tampilkan 16 team terbaik dari Asia-Oceania. Ini adalah peluang ke-2 untuk Indonesia jadi tuan-rumah Piala Asia. Awalnya, kejuaraan itu pernah diadakan di Indonesia di tahun 1993.

Presiden FIBA Asia, Sheikh Saud Ali Al Thani mengatakan Indonesia harus senang sebab dalam sekian tahun di depan, mereka jadi tuan-rumah dua turnamen besar jadwal FIBA. Dimulai dari tuan-rumah FIBA Asia Cup 2021, lalu pucuknya jadi tuan-rumah FIBA World Cup (Piala Dunia Bola Basket FIBA), bersama Filipina dan Jepang.

“Ini bakal menjadi beberapa tahun membahagiakan untuk bola basket Indonesia. Semoga jadi cara yang besar untuk perkembangan bola basket di negara ini,” ucapnya, seperti diambil dari fiba.basketball.

Baca juga : Satu Rutinitas Jelek Barcelona

Indonesia benar-benar diuntungkan dengan keputusan itu

Karena, selaku tuan-rumah, Indonesia langsung maju ke babak 16 besar, apa saja hasilnya kelak di babak kwalifikasi (FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers). Jadi Indonesia jadi negara ke-3 yang telah pastikan ticket ke babak khusus, sesudah Lebanon dan Bahrain yang telah bisa lolos awalnya.

Indonesia masih ada di rangking saat klasemen Group A, dengan kumpulkan satu kemenangan dari 3 game. Tim nasional Indonesia masih tersisa tiga laga kembali di Window 3, bulan Februari 2021 kedepan. Tetapi dengan pemilihan selaku tuan-rumah, hasil di Window 3 tidak punya pengaruh pada status Indonesia di babak khusus. Walau sukses masuk babak khusus, Indonesia tetap punyai pekerjaan rumah yang berat. Tim nasional harus dapat finish minimal di rangking ke-8, selaku salah satunya persyaratan supaya Indonesia dapat tampil di babak khusus FIBA World Cup 2023.

Riwayat menulis, Indonesia pernah jadi tuan-rumah FIBA Asia Cup pada tahun 1993. Waktu itu, kejuaraan itu masih namanya Asian Basketball Confederation (ABC) Championship. Waktu itu, Indonesia finish di rangking kesebelas dari 16 peserta. Performa paling akhir Indonesia di FIBA Asia Cup berlangsung pada tahun 2011 di Wuhan, Cina. Indonesia finish di rangking ke-13 dari 16 peserta. Saat itu, prestasi paling tinggi Indonesia di gelaran itu dicapai di tahun 1960. Indonesia menempati rangking ke enam dari 7 peserta

Baca juga : BWF World Tur Final 2020 Jadi Peluang Kevin/Marcus Pecah Telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *