Jorge Lorenzo Diselidik Berkaitan Masalah Pencucian Uang

Posted on

 

Jorge Lorenzo, juara dunia MotoGP 3x, diberitakan terjebak pencucian uang. Bekas pembalap Yamaha, Ducati, dan Honda itu masuk ke laporan interograsi.
Seperti dikutip Tuttomotoriweb, medium El Confidential mengeluarkan nama Lorenzo masuk ke laporan interograsi Pengadilan Nasional Spanyol. Pria berumur 33 tahun itu diperhitungkan mengubah asetnya ke luar negeri.

Lorenzo diperhitungkan mengalihkan kekayaannya sebesar 865,966 euro atau sejumlah Rp 14,7 miliar ke negara lain. Tiga negara jadi maksudnya, yaitu dari Andorra, ke Monako, lalu ke Swiss.

Laporan interograsi itu disebutkan namanya ‘Red Charisma’. Laporan itu menyelidik masalah peralihan sebagian besar uang untuk menghindar pajak.

Laporn ‘Red Charisma’ tidak cuman membidik Jorge Lorenzo. Sekitar 500 orang yang lain masuk ke penyidikan, yang mencakup pebisnis, politikus, bahkan juga pengedar narkoba.

Baca juga : Ramai Isu Kembali di MU! Cristiano Ronaldo In, Paul Pogba Out?

Bukan pertama kali Lorenzo dihubungkan dengan masalah penggelapan pajak

Semenjak tinggalkan Spanyol dan tinggal di luar negeri, Lorenzo berulang-kali diperhitungkan menggelapkan kekayaannya.

Awalannya, Lorenzo diklaim tinggalkan Spanyol dan menjaga pajaknya di Inggris, saat sebelum berpindah ke Andorra melalui usaha restaurant, selanjutnya berpindah kembali ke Swiss.

Info dari El Confidencial merujuk pada bermacam peninjauan dan laporan yang dikeluarkan administrasi perpajakan ke Lorenzo dalam tahun-tahun ini. Dalam laporan terbaru pada 2019, sebesar 40 juta euro atau sejumlah Rp 682 miliar tidak dibayar Lorenzo dalam waktu 2013-2016.

Semenjak 2015, Lorenzo telah diselidik petugas pajak di Spanyol. Bahkan juga, X-Fuera sempat ‘digerebek’ habis balapan di GP Catalunya pada 2019.

Musim kemarin, Jorge Lorenzo memutus pensiun. Dia pilih untuk jadi tes pembalap untuk Yamaha, team yang dibelanya pada 2008 sampai 2016 dan disembahkannya tiga titel juara dunia MotoGP semasing di tahun 2010, 2012, dan 2015.

Baca juga : Jadwal Liga Belanda : Sanggupkah FC Utrecht Curi Point di Basis PSV?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *