Riwayat Real Madrid Lengkap dari Awalnya Berdiri Sampai Saat ini

Posted on

 

Riwayat Real Madrid – Real Madrid ialah club sepakbola kelas atas dari Spanyol. Club asal kota Madrid ini diketahui selaku salah satunya club terbaik dan paling populer di dunia. Real Madrid jadi club dengan keseluruhan titel juara La Liga dan Liga Champions Eropa paling banyak. Pasti selaku club besar dengan pangkalan supporter paling besar di dunia, Real Madrid mempunyai riwayat panjang dari awalnya berdiri sampai berhasil seperti saat ini.

Riwayat Real Madrid

Awalnya Berdiri bernama Madrid FC

Real Madrid pertama dibuat di tahun 1902. Waktu itu olahraga sepakbola baru pertama dikenalkan di kota Madrid, Spanyol, persisnya di perguruan tinggi Institucion Libre de Ensenanza. Beberapa murid kampus itu membuat club (Sociedad) Sky Football pada tahun 1897. Perselisihan sempat berlangsung sampai di tahun 1900 sampai terpecah jadi club baru namanya Nueva Sociedad de Football. Baru di tahun 1902, persisnya pada tanggal 6 Maret 1902, club itu bertukar nama jadi Madrid Football Klub.

Madrid lalu memenangkan gelar pertama yakni Copa del Rey pada tahun 1905. Club ini jadi salah satunya satu pendiri Royal Spanish Football Federation atau Real Federacion Espanola de Futbol (RFEF) pada tahun 1909. Di tahun 1902, Madrid mendapatkan gelar Real (Royal) dari King Alfonso XII hingga nama club beralih menjadi Real Madrid.

Pada persaingan La Liga pertama pada tahun 1929, Real Madrid cuman finis di status 2. Baru pada musim 1931-1932, mereka memenangkan persaingan Liga Spanyol untuk pertamanya kali dalam riwayat Real Madrid. Los Blancos juga langsung mempertahankannya pada musim selanjutnya. Nama ‘Real’ sempat di hilangkan sesudah kehadiran Republik Spanyol Ke-2 semenjak tahun 1931 sampai club ini kembali lagi namanya Madrid FC, walau selanjutnya kembali lagi bertukar nama jadi Real Madrid FC sesudah perselisihan politik usai.

 

 

Periode Keemasan Tahun 50an

Pada tahun 1943, Real Madrid mencatat kemenangan paling besar menantang Barcelona dalam tanding El Clasico dengan score 11-1. Awal tahun 1945, Real Madrid dipresideni oleh Santiago Bernabeu Yeste. Di bawah periode kepemimpinnya, Madrid membuat stadion baru yang istimewa. Stadion itu selanjutnya dinamakan Santiago Bernabeu untuk menghargainya.

Pada tahun 50an, Madrid mulai membangun sekolah tinggi sepakbola sendiri. Sekarang sekolah tinggi itu diketahui bernama La Fabrica. Zaman 50an diikuti dengan keberhasilan besar Real Madrid khususnya di turnamen kontinental. Real Madrid berhasil jadi juara di lima edisi awalnya European Cup atau Liga Champions, yakni awal tahun 1956 sampai 1960. Sampai sekarang, Los Blancos jadi salah satu team yang 5 kali jadi juara Eropa secara berturut-turut. Real juga dianugerahkan UEFA Badge of Honour.

Sejauh zaman 50an dan awalnya 60an, beberapa pemain kunci Real Madrid yang populer diantaranya ialah Alfredo Di Stefano, Ferenc Puskas, Francisco Gento, Raymond Kopa dan Miguel Munoz. Madrid meraih gelar Eropa ke enam pada tahun 1966 dengan turunkan 11 pemain asli Spanyol di final. Club ini stabil di persaingan lokal dengan meraih beberapa piala La Liga dan Copa del Rey.

 

 

Real Madrid di Zaman 80an dan 90an

Zaman keemasan Real Madrid kembali lagi tiba pada tahun 80an. Waktu itu, El Real diketahui dengan beberapa pemain Spanyol alumnus sekolah tinggi yang dipanggil La Quinta del Buitre, salah satunya yakni Emilio Butragueno, Manuel Sanchis, Michel, Martin Vazquez dan Miguel Pardeza. Ditambahkan pemain kunci lain seperti Hugo Sanchez, Real Madrid berhasil memenangkan 5 titel juara La Liga secara beruntun.

 

Sesudah sempat turun pada awal 90an, Real Madrid kembali lagi berjaya di tahun akhir 90an dan awalnya 2000an yang menjadi salah satunya masa paling sukses dalam riwayat Real Madrid. Mereka berhasil meraih 3 piala Liga Champions, persisnya pada tahun 1998, 2000 dan 2002. Titel juara pada tahun 1998 jadi penantian panjang sesudah paling akhir juara pada tahun 1966. Beberapa nama pemain Real Madrid yang pemain kunci misalkan seperti Fernando Hierro, Ivan Zamorano, Fernando Redondo, Raul Gonzalez, Roberto Carlos dan Davor Suker.

Titel juara Liga Champions pada tahun 2000 dicapai waktu dilatih oleh Vicente Del Bosque. Mereka menaklukkan Valencia dalam final sama-sama club Spanyol dan berisi tim pemain muda berpotensi seperti Raul, Guti, Fernando Morientes dan penjaga gawang Iker Casillas. Madrid sempat dikukuhkan selaku club terbaik era ini versi FIFA dan IFFHS. Seterusnya semenjak tahun 2000, Real Madrid masuk babak baru waktu dipegang oleh presiden Florentino Perez.

Project Los Galacticos

Di periode kepimpinan Florentino Perez, Real Madrid populer jor-joran di transfer bursa. Ini karena peraturan Perez yang janji akan mengambil minimum 1 pemain bintang setiap tahun dalam project Los Galacticos. Madrid juga berhasil mengambil Luis Figo (2000), Zinedine Zidane (2001), Ronaldo (2002), David Beckham (2003), Michael Owen (2004), Robinho (2005) dan Fabio Cannavaro (2006). Walau demikian, piala berprestise yang dicapai di zaman Los Galacticos cuman 1 Liga Champions 2002 dan 1 La Liga 2003 saja.

Tahun 2006, Ramon Calderon dipilih jadi presiden Real Madrid. Los Merengues sempat 2 kali juara La Liga pada tahun 2007 dan 2008, tetapi di tingkat Eropa tidak dapat banyak berbuat sebab sering tersingkir di babak 16 besar. Pada tahun 2009, Florentino Perez kembali lagi dipilih selaku presiden club dan project Los Galacticos Jilid 2 kembali lagi digerakkan. Beberapa nama besar dihadirkan di transfer bursa 2009 salah satunya Kaka, Xabi Alonso, Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo yang pecahkan rekor transfer paling mahal waktu itu.

 

 

La Decima dan Zaman Zidane

Keberhasilan pada tingkat Eropa kembali lagi dicapai Real Madrid dengan meraih 3 piala juara Liga Champions dalam sekitar 4 musim, yaitu pada tahun 2014, 2016 dan 2017 dengan menaklukkan Atletico Madrid (2 kali) dan Juventus. Gelar kesepuluh yang dicapai pada tahun 2014 dipanggil selaku La Decima. Keberhasilan ini dicapai karena layanan 2 pelatih, Carlo Ancelotti dan Zinedine Zidane. Keseluruhan 12 piala Liga Champions mereka capai, jadi rekor juara Liga Champions paling banyak sejauh riwayat.

Beberapa pemain kunci Real Madrid dalam tahun-tahun ini diantaranya ialah Ronaldo, Ramos, Modric, Marcelo, Bale, Benzema dan Kroos. Zidane yang disebut mantan pemain Real Madrid berhasil jadi salah satunya pelatih paling sukses dalam riwayat Real Madrid. Dia berhasil meraih beberapa piala titel juara. Mereka juga masih terdaftar selaku club paling sukses di Liga Spanyol dan Liga Champions.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *